Rabu, 28 April 2010

Artikelku yang kedua di PR, Kamis 29 April 2010

Nah, ini artikel keduanya...

Midbrain, Si Otak Tengah yang Luar Biasa

Di dalam ilmu biologi, otak tengah dikenal dengan nama midbrain atau mesencephalon. Otak tengah ini mempunyai fungsi sebagai pembantu koordinasi gerak mata, pengatur pelebaran/penyempitan pupil mata, serta refleks pendengaran. Di samping itu, otak tengah juga mengandung pusat-pusat pengendali keseimbangan dan serabut saraf yang menghubungkan bagian otak belakang dengan bagian otak depan, juga antara otak depan dan mata. Otak tengah merupakan bagian atas batang otak. Jadi, semua serabut saraf yang membawa informasi rangsang akan melewati otak tengah sebelum memasuki talamus.

Otak kanan dan otak kiri

Belahan otak manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Sementara itu, otak tengah merupakan pembagian dari otak depan, otak belakang, dan otak tengah. Otak kanan berfungsi dalam hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik, serta warna. Daya ingat otak kanan bersifat jangka panjang (long term memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kanan (misalnya stroke, tumor, atau kanker), fungsi otak yang terganggu biasanya adalah kemampuan visual dan emosi. Sementara itu, otak kiri berfungsi dalam hal perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan, dan logika. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (short term memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kiri, fungsi otak yang terganggu adalah bagian fungsi berbicara, berbahasa, dan matematika.

Otak tengah yang merupakan bagian otak antara otak kanan dan kiri ternyata mempunyai peran sebagai jembatan yang menghubungkan otak kiri dan otak kanan. Oleh karena itu, dengan mengaktifkan otak tengah (dalam aktivasi otak tengah) kedua belahan otak bisa berfungsi secara seimbang. Jadi, manusia tidak didominasi otak kiri saja atau otak kanan saja.

Struktur otak tengah

Otak tengah terbagi atas tektum dan dan tegmentum. Tektum disebut juga sebagai atap otak tengah. Hal ini karena tektum berada di bagian permukaan dorsal (punggung) dari otak tengah. Di dalam otak mamalia, tektum disusun oleh dua tonjolan yang disebut colliculi (bukit kecil). Dua tonjolan itu adalah sepasang inferior colliculi dan sepasang superior colliculi. Keempat colliculi ini dikenal juga sebagai Corpora Quadrigemina. Bagian inferior colliculi mempunyai peran dalam fungsi pendengaran, sedangkan bagian superirior colliculi berperan dalam fungsi penglihatan.

Tegmentum merupakan neuron yang bersifat multisynaps. Tegmentum ini berperan dalam ketidaksadaran, homeostasis, pergerakan, dan gerak refleks. Tegmentum terletak di bagian bawah midbrain.

Perkembangan yang terjadi pada otak tengah manusia sangat signifikan. Dimulai dari masa janin hingga dewasa, otak tengah banyak mengalami perubahan. Akan tetapi, perkembangan yang terjadi bersifat negatif, yaitu semakin menyusut.

Pada tahap embrio dan janin, otak tengah mempunyai ukuran yang sebanding, bahkan lebih besar dibandingkan dengan bagian otak yang lain (otak depan dan otak belakang). Ini terjadi pada trimester pertama kehamilan. Memasuki trimester kedua kehamilan, otak tengah mulai tergeser oleh perkembangan otak yang lain, terutama oleh otak depan (cerebrum). Menjelang kelahiran, otak sudah didominasi oleh cerebrum. Begitu pula ketika anak tumbuh dan berkembang menjadi dewasa. Perkembangan otak besar semakin berkembang dan mendominasi otak tengah. Hingga saat di usia tertentu, perkembangan otak akan berada dalam titik stabil.

Besarnya otak tengah saat janin memunculkan suatu praduga bahwa kemungkinan besar, janin yang berada di dalam rahim ibunya mampu melihat hal-hal yang ada di luar rahim. Hal inilah yang mendasari pesan orang tua yang selalu menyarankan agar kita selalu berbuat baik kepada wanita hamil. Bukan mustahil jika bayi yang berada di dalam rahimnya mengetahui dan merekam kejadian yang dilihatnya sewaktu dia berada di dalam rahim.

Hal ini jugalah yang membuat para wanita hamil disarankan untuk mendengarkan musik klasik. Alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar janin bayi yang berada di dalam rahim bisa teraktivasi otaknya supaya lebih berkembang, terlebih bagian otak tengahnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar