Kamis, 19 Agustus 2010

Artikel Milikku (2)

Nah, ini dia artikel keduanya.


Ragam Aplikasi Hipnotisme

Seiring bertambah banyaknya penemuan tentang berbagai macam teknologi, inovasi dalam penggunaan hipnotisme pun mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Jika dulu hipnotisme hanya dipakai sebagai metode dalam menahan rasa sakit saat melakukan bedah operasi serta sebagai salah satu hiburan, kini hipnotisme banyak digunakan dalam berbagai bidang. Manfaat yang didapat pun beraneka ragam sesuai dengan penggunaan aplikasinya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi penggunaan hipnotisme yang sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
- Hipnotisme sebagai cara mengendalikan stres dan upaya mengatasi gangguan susah tidur
Hipnotisme mungkin memang salah satu ilmu yang paling sedikit dimengerti oleh banyak kalangan. Padahal jika saja kita buka seluruh pemikiran tentang hipnotisme ini, kita bisa melakukan hipnotisme secara mandiri yang banyak dikenal sebagai self hypnosis. Salah satu manfaat dari self hypnosis ini di antaranya adalah manajemen stres atau pengendalian stres dan cara mengatasi gangguan susah tidur.
Manajemen stres atau pengendalian stres dan cara mengatasi gangguan susah tidur bisa dilakukan dengan dua hal. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan hipnotisme sebagai alat untuk mendapatkan keadaan yang relaks, melawan tekanan, serta mengaktifkan daya respons relaksasi. Cara ini akan membantu dalam mencegah masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stres dan gangguan susah tidur yang parah.
Cara kedua adalah dengan menggunakan hipnotisme dalam mencapai perubahan gaya hidup sehat yang bisa mengurangi stres dalam kehidupan. Misalnya saja menghipnosis diri untuk berlatih hidup sehat, membiasakan diri berolah raga, dan lain-lain. Cara ini juga efektif dalam mengurangi dan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan hidup yang buruk, seperti kebiasaan menggigit kuku, tidak percaya diri, atau yang lainnya.
Pergi kepada ahli hipnotisme untuk menghilangkan stres dan upaya mengatasi gangguan susah tidur merupakan cara yang paling bijak. Mereka tak hanya menghipnosis Anda untuk mengurangi dan menghilangkan stres serta mengatasi gangguan susah tidur, tetapi mereka juga mengajarkan Anda self hypnosis yang bisa digunakan sendiri untuk menghilangkan stres dan mengatasi gangguan susah tidur.
-Hipnotisme sebagai cara menghilangkan/mengurangi rasa sakit (hipnoterapi)
Penggunaan hipnotisme yang paling banyak dipakai di masyarakat adalah hipnoterapi. Penggunaan ini ditujukan sebagai langkah dalam upaya mengurangi dan menghilangkan rasa sakit dari penyakit tertentu. Misalnya saja sakit kepala, migren, rheumatoid arthritis, kanker, sakit saat proses melahirkan, dan lain-lain.
Dalam hipnoterapi, pasien dijadikan subjek aktif. Kemudian dia akan dipandu secara sadar dan menerima apa yang di lakukan oleh terapis. Jadi, di sini proses penyembuhan dilakukan oleh energi tubuh pasien tersebut.
Cara kerja hipnoterapi diawali dengan pengondisian pasien dalam fase relaksasi (seperti orang tertidur) sebelum dilakukan terapi inti. Kemudian, hipnoterapi akan bekerja pada kondisi alam bawah sadar pasien tersebut. Untuk membangkitkan alam bawah sadarnya, pasien dalam harus mengistirahatkan alam sadarnya. Saat alam sadarnya beristirahat alam bawah sadarnya akan muncul.
Dalam kondisi ini, gangguan kesehatan yang dirasakan pasien akan diketahui. Dan gangguan kesehatan ini akan diperbaharui dengan memberikan sugesti-sugesti positif oleh terapis melalui hipnoterapi. Sugesti ini diberikan secara terus-menerus sampai keadaan gangguan kesehatan yang terlihat dari alam bawah sadar yang keliru menghilang dan digantikan oleh sugesti positif.
Keberhasilannya sugesti positif pada pasien berbeda pada masing-masing pasien. Ini tergantung pada berat-ringanya penyakit yang diderita dan kemauan pasien untuk sembuh. Perlu diingat bahwa hipnoterapi tidak bisa langsung menyembuhkan dalam satu atau dua kali terapi tetapi butuh waktu yang relatif.
Dalam terapi kanker, hipnoterapi digunakan sebagai terapi pengurang rasa mual dan muntah pada pasien pascakemoterapi.
Begitu juga hipnotisme yang dipakai dalam proses melahirkan atau yang biasa dikenal sebagai hypnobirthing. Pengondisian ibu saat melahirkan yang sudah dilatih sejak masih hamil, dipercaya akan membuat sakit saat proses melahirkan menjadi banyak berkurang.
-Hipnotisme sebagai cara mengurangi keriput (anti-aging)
Kondisi yang relaks saat proses hipnotisme ditengarai dapat membuat kulit dan sel-sel tubuh menjadi relaks. Oleh karena itu, sel-sel tubuh terutama sel kulit akan menjadi lambat menua. Dengan begitu, keriput-keriput kulit, terutama bagian wajah akan menjadi lambat muncul.
- Hipnotisme untuk menurunkan berat badan
Penggunaan hipnotisme untuk menurunkan berat badan lebih difokuskan pada melatih alam bawah untuk bisa mengenali sinyal-sinyal tubuh dalam hal menentukan rasa lapar dan rasa kenyang. Tak hanya itu, tubuh juga akan dilatih untuk makan secara sadar. Dengan begitu, makanan yang masuk ke dalam perut akan terkontrol.
Hipnotisme jenis ini juga bisa mengurangi dan menghilangkan secara perlahan-lahan penyakit atau kelainan yang berhubungan dengan kebiasaan makan. Misalnya saja kebiasaan makan berlebih (over eating), aneroksia (penyakit susah makan/tidak makan), bulimia (penyakit memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakan), dan lain-lain.
- Hipnotisme sebagai cara untuk menghentikan ketergantungan pada rokok, obat-obatan, dan alkohol
Hipnotisme sebagai cara untuk menghentikan ketergantungan pada rokok, obat-obatan, dan alkohol hampir mirip dengan hipnotisme yang digunakan sebagai cara menghilangkan/mengurangi rasa sakit (hipnoterapi).
Keberhasilan hipnotisme jenis ini relatif lama, tergantung pada berat atau ringannya ketergantungan pasien pada rokok, obat-obatan, dan alkohol. Semakin parah tingkat ketergantungannya, semakin lama proses penyembuhannya. Tak hanya itu, kemauan dari pasien juga menentukan tingkat keberhasilan.***


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar