Selasa, 17 Agustus 2010

Lebih Dekat dengan Kami!

Selamat pagi...

Rekan-rekan, Anda tentu bertanya-tanya, apa sih Sanggar CERIA? Nah sebagai jawaban atas kepenasaranan Anda, Ijinkan kami untuk menceritakan segala hal secara detil mengenai kami kepada Anda.

Sanggar CERIA

Sanggar CERIA (Cerdas, Edukatif,Riang, Inovatif, dan Aktif) adalah sebuah sanggar yang terdiri atas orang-orang yang mempunyai visi untuk meningkatkan kemampuan belajar manusia secara umum. Aktivitas Sanggar CERIA menitikberatkan pada proses peningkatan motivasi belajar dan bekerja secara umum serta membuat dan mengembangkan alat peraga dan alat permainan edukatif.
Bentuk aktivitas Sanggar CERIA bisa berupa pelatihan, seminar, training, kursus, atau bimbingan secara privat.

Peserta yang mengikuti pelatihan, seminar, training, atau bimbingan secara privat pada Sanggar CERIA di antaranya adalah siswa-siswa Taman Kanak-kanak (TK); siswa-siswa Sekolah Dasar (SD); siswa-siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP); siswa-siswa Sekolah Menengah Atas (SMA); guru-guru Taman Kanak-kanak (TK); guru-guru Sekolah Dasar (SD); guru-guru Sekolah Menengah Pertama (SMP); guru-guru Sekolah Menengah Atas (SMA); orangtua siswa; karyawan, eksekutif, dan elemen masyarakat lainnya.

Aktivitas Sanggar CERIA sudah dirintis sejak tahun 2006. Sehingga dari tahun ke tahun, inovasi metode pelatihan, seminar, dan training yang diselenggarakan oleh Sanggar CERIA selalu mengalami peningkatan. Dalam kurun waktu tersebut, tak kurang dari 280 lembaga dan sekolah sudah mendapatkan pelatihan, seminar, dan training dari kami.
(baca lagi http://lpsdmceria.multiply.com/journal/item/3/Mari_Ikuti_Jejak_Mereka ).

Secara umum, program-program yang dilakukan oleh Sanggar CERIA mempunyai tujuan sebagai berikut.
  • Mengembangkan metode pembelajaran di sekolah.
  • Mengembangkan strategi kegiatan belajar mengajar di sekolah.
  • Meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.
  • Meningkatkan aktivitas dan kreativitas generasi bangsa.
  • Mencetak kemandirian dan menumbuhkembangkan jiwa wirausaha.
Adapun secara khusus, program-program yang dilakukan oleh Sanggar CERIA bertujuan dalam membantu pengembangan potensi otak manusia dengan cara pengoptimalan fungsi otak dalam pengendalian proses berpikir, berhitung, memori, bahasa, emosi, serta kemampuan gerak atau motorik.

Sanggar CERIA mewadahi 3 jenis program utama. Program tersebut adalah:
  1. Metode SAE
  2. Rumah Qur'an
  3. Creative Mind


1. Metode SAE
Metode SAE adalah sebuah program di Sanggar CERIA yang berprinsip pada metode Simulasi, Aktif, dan Edukatif (SAE) dengan cara yang praktis/cepat.
  • Simulasi, di sini dimaksudkan kepada cara penyampaian program yang dilakukan melalui praktek langsung dengan cara yang menyenangkan (permainan).
  • Aktif dimaksudkan kepada arahan, rangsangan, dan stimulasi terhadap peserta supaya lebih aktif dalam melakukan proses pembelajaran selama program berlangsung.
  • Edukatif dimaksudkan pada kegiatan-kegiatan program yang bersifat mendidik. Edukatif di sini tak hanya dalam ilmu-ilmu yang disampaikan saja tetapi juga pada alat-alat permainan/alat-alat peraga serta berbagai permainan yang dibuat selama program berlangsung.
Macam-macam Aplikasi Pelatihan Metode SAE

SAE Calistung. Yaitu suatu pelatihan SAE yang terdiri atas materi berikut.
  • Berhitung cepat dan simulasi berhitung (Quick Count). Merupakan materi yang berisi tentang berbagai trik berhitung dengan cara yang cepat dan praktis. Satu soal penyelesaiannya tak lebih dari 10 detik. Dalam Quick Count  diajarkan pula cara berhitung dengan langkah jari.
  • Matematika Tauhid. Merupakan materi yang menitikberatkan pada pembuktian ilmu Matematika berdasarkan ketauhidan kita kepada Allah SWT.
  • Magic number. Merupakan materi yang berisi mengenai keajaiban bilangan tertentu dengan penyelesaian soal secara istimewa. Satu soal penyelesaiannya tak lebih dari 10 detik.
  • Kekuatan mengingat (Power Memory). Merupakan materi yang mempunyai fungsi dan manfaat dalam mengasah dan memperkuat memori otak.
SAE Keorganisasian. Yaitu suatu pelatihan SAE yang teraplikasi dalam bidang organisasi. Tujuannya adalah agar semua elemen dalam organisasi lebih paham akan arti, makna, dan manfaat hidup berorganisasi. Dengan begitu, semua elemen organisasi tersebut mampu meningkatkan perfoma demi tercapainya tujuan organisasi.

SAE Ketenagakerjaan. Yaitu suatu pelatihan SAE yang terdiri atas materi berikut.
  • Pelatihan kepemimpinan dasar (Leadership).
  • Penggalian potensi diri sebagai wujud sumber daya manusia.
  • Peningkatan etos kerja dalam hubungan ketenagakerjaan.
  • Penciptaan hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan.

2. Rumah Qur'an
Rumah Qur'an adalah sebuah program di Sanggar CERIA yang berprinsip pada metode membaca dan menerjemahkan Alqur'an secara cepat dengan Teknik Al-Husaeny. Di dalam program Rumah Qur'an, peserta akan dibimbing secara intensif agar mampu membaca dan menerjemahkan Alqur'an dalam waktu yang cepat.

Macam-macam Aplikasi Pelatihan Rumah Qur'an

Terjemah Alqur'an Sistem Cepat. Yaitu suatu pelatihan yang membimbing peserta agar mampu menerjemahkan (tafsir) Alqur'an secara cepat dalam waktu yang relatif singkat dengan menggunakan metode Al-Husaeny.

Quantum Baca Kitab Gundul Sistem Cepat. Yaitu suatu pelatihan yang membimbing peserta agar mampu membaca kitab gundul secara cepat dalam waktu yang relatif singkat dengan menggunakan metode Al-Husaeny.

Quantum Reading 1 (dari nol hingga bisa). Yaitu suatu pelatihan yang membimbing peserta agar mampu membaca Alqur'an secara cepat dalam waktu yang relatif singkat dari keadaan peserta yang tidak bisa sama sekali membaca Alqur'an hingga bisa membaca Alqur'an dengan menggunakan metode Al-Husaeny.

Quantum Reading Quranic Perbaiki Bacaan (Tahsin). Yaitu suatu pelatihan yang membimbing peserta agar mampu membaca Alqur'an dengan baik dan benar secara cepat dalam waktu yang relatif singkat dengan menggunakan metode Al-Husaeny.


3. Creative Mind
Creative Mind adalah sebuah program di Sanggar CERIA yang memberikan pelatihan dalam mengoptimalkan fungsi otak kanan dan kiri. Di dalam program Creative Mind, peserta akan dibimbing untuk bisa mengoptimalkan kemampuan berpikir, mengingat, mengorganisasi, dan memanggil memori yang tersimpan di dalam otak.

Macam-macam Aplikasi Pelatihan Creative Mind


Mind Mapping. Yaitu suatu pelatihan yang membimbing peserta agar mampu membuat perencanaan atau mencatat suatu materi yang melibatkan tulisan, gambar, warna, dan sistem grafis yang sesuai dengan cara kerja otak manusia. Pelatihan Mind Mapping bisa diaplikasikan ke dalam berbagai ilmu dalam kehidupan sehari-hari.

Faster Reading. Yaitu suatu pelatihan yang membimbing peserta untuk melakukan teknik membaca cepat dan efektif. Pelatihan ini bisa meningkatkan kemampuan membaca peserta hingga 100% dari kemampuan awalnya. Teknik membaca dalam pelatihan ini telah banyak digunakan di seluruh dunia, baik secara umum maupun dalam bidang pendidikan. Bahkan di luar negeri, teknik membaca dalam pelatihan ini sudah di gunakan bagi siswa Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.

Memory for Live. Yaitu suatu pelatihan yang memperkenalkan teknik mengingat dengan menggunakan kedua belah otak, yaitu otak kanan dan kiri. Teknik ini akan membuat peserta untuk lebih mudah mengingat dan tidak cepat lupa (long term memory). Pelatihan ini sangat aplikatif untuk mengingat materi perkuliahan atau mengingat suatu informasi untuk kebutuhan sehari-hari.

Self Management. Yaitu suatu pelatihan yang membuat peserta mengetahui kemampuannya sendiri dalam bekerja, berpikir, dan belajar. Dengan mengenal segala hal tentang diri sendirinya, maka peserta akan mampu meningkatkan prestasi dengan cara terbaik.


Bentuk Pelayanan Sanggar CERIA
Sanggar CERIA memberikan pelayanan dalam membantu mengembangkan kemampuan belajar, bekerja,dan berorganisasi secara cepat; membaca dan menerjemahkan Alqur'an secara cepat; serta mengoptimalkan kemampuan dan fungsi otak kanan dan kiri. Pelatihan ini tepat untuk berbagai kalangan yang bisa dirinci sebagai berikut.
  • Pelatihan SAE Calistung --> Tepat untuk siswa-siswa sekolah (TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK); para guru sekolah dan home schooling; para orangtua siswa; marketing; dan entrepreneur.
  • Pelatihan SAE Keorganisasian --> Tepat untuk organisasi siswa-siswa sekolah = OSIS (SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK); organisasi ekstrakurikuler sekolah (SMP/MTs,SMA/MA, dan SMK); organisasi kemasyarakatan; organisasi kepemudaan; dan organisasi partai.
  • Pelatihan SAE Ketenagakerjaan --> Tepat untuk asosiasi/lembaga/ikatan tenaga kerja; karyawan; eksekutif; dan entrepreneur.
  • Pelatihan Terjemah Alqur'an Sistem Cepat --> Tepat untuk siswa-siswasekolah (SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK); para santri; para guru agama/ustadz; para orangtua siswa; dan elemen masyarakat lain.
  • Pelatihan Quantum Baca Kitab Gundul Sistem Cepat dan Quantum Reading Quranic Perbaiki Bacaan (Tahsin) Sistem Cepat --> Tepat untuk siswa-siswa sekolah Islam (MTs dan MA); para santri; para guru agama/ustadz; dan elemen masyarakat lain.
  • Pelatihan Quantum Reading 1 (dari nol hingga bisa) Sistem Cepat --> Tepat untuk siswa-siswa sekolah (TK/RA, SD/MI,SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK); dan elemen masyarakat lain.
  • Pelatihan Mind Mapping --> Tepat untuk siswa-siswa sekolah (TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK); para guru sekolah dan home schooling; para dosen; mahasiswa; pegawai Bank; marketing; entrepreneur; dan elemen masyarakat lain yang menginginkan peningkatan memori, kreativitas, dan motivasi diri tinggi untuk lebih maju.
  • Pelatihan Faster Reading --> Tepat untuk siswa-siswasekolah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK); para guru sekolah dan home schooling; para dosen; mahasiswa; dan elemen masyarakat lain yang menginginkan peningkatan kemampuan membaca dan memahami suatu bacaan.
  • Pelatihan Memory for Live dan Self Management --> Tepat untuk siswa-siswasekolah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK); para guru sekolah dan home schooling; para dosen; mahasiswa; pegawai Bank; marketing; entrepreneur; dan elemen masyarakat lain yang menginginkan peningkatan memori, kreativitas, dan motivasi diri tinggi untuk  lebih maju.
Kesebelas pelatihan program di Sanggar CERIA dikemas dalam bentuk pelatihan, seminar, dan training dengan penyampaian yang terpisah, masing-masing 3-4 jam. Kesebelas pelatihan tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Pelatihan SAE Calistung
  • Pelatihan SAE Keorganisasian
  • Pelatihan SAE Ketenagakerjaan
  • Pelatihan Terjemah Alqur'an Sistem Cepat
  • Pelatihan Quantum Baca Kitab Gundul Sistem Cepat
  • Pelatihan Quantum Reading 1(dari nol hingga bisa) Sistem Cepat
  • Pelatihan Quantum Reading Quranic Perbaiki Bacaan (Tahsin) Sistem Cepat
  • Pelatihan Mind Mapping
  • Pelatihan Faster Reading
  • Pelatihan Memory for Live
  • Pelatihan Self Management
Kini Anda sudah tahu segala hal mengenai kami. Jadi bila Anda membutuhkan kami, jangan segan-segan untuk menghubungi :)

Sanggar CERIA Telp 022-21057840

Tidak ada komentar:

Posting Komentar